Cara Mengatasi Ketergantungan Produk Skincare Yang Mengandung Steroid

Hai semuanya. 
Disini aku mau sharing tapi bukan skincare. Melainkan bagaimana cara netralin wajah akibat ketergantungan skincare yg mengandung steroid. Karena beberapa bulan terakhir aku sering melihat korban berjatuhan akibat krim steroid. Aku selalu menemukan ibu2 yg sudah ketergantungan parah bahkan ada yg sudah 7 tahun memakai krim HN. Coba ya pikirkan dalam waktu 7 tahun itu tubuhnya dimasukkan zat2 yg berbahaya tetapi mereka tidak sadar. Itulah pentingnya edukasi agar tidak ada yg menjadi korban glowing dengan budget minim. Jadi wajah yang sudah ketergantungan steorid ini diketahui setelah memakai produk. Entah itu 6 bulan atau 3 tahun. Aku dulu pake krim t*er*skin. Awal pake emang bagus glowing gitu. Tapi yg mencurigakan disini ketika mendekati tahun ke 3 pemakaian ada sesuatu yg boom. Nih ya kalau aku lupa gak pake krim malam besoknya beruntusan. Sorry ini bukan bruntusan tapi lebih ke dermatitis perioral. Dermatitis Perioral adalah suatu keadaan terjadinya beruntusan di area mulut. Lihat gambar di bawah. Aku yg waktu itu masih menjadi mahasiswa baru panik dan malu lihat muka ku 😭. Terus aku searching cara2 dari seorang dokter di YouTube. Namanya puspita mayangsari. Dimana kakak ini juga mengalami kurang lebih seperti aku. Tapi intinya akibat ketergantungan sebuah produk.
Bedanya kalau di kakak ini jerawatan satu wajah parah (wajah oily) kalau di aku dermatitis perioral (wajah kering). Kalau kalian udah kena kayak gini dan pake bb cream. Ya amponnnn udah kayak wajah banyak pasirnya beneran dah gak boong😭. Aku aja liatnya disgusting parah apalagi orang lain.
Cara yg harus kalian lakukan
1. Wajah oily berhenti step by step. Kayak kamu sekarang pake krim malam besok gak pake. Jangan malas lihat tutorial kak Stevani Talita Visa karena disana udah disediakan tabel untuk berhenti step by step dari krim malam, sabun dll. Aku taruh link YouTube dibawah. okee.
2. Wajah kering. Kalian harus stop. Gak bisa dilakukan step by step (kalau di aku loh ya😭). Bener2 langsung stop
Terus kalian puasa segala skincare 3 bulan woy. 3 bulannnnnn.
Perbanyak sayur dan buah. Ini dampaknya bukan mainnn. Terutama buah alpukat. I Love You Than Anymore 😭😭. 
Pake masker teh hijau sama madu tj. Inget ya madu tj. Jangan pake yg rasa2. Rutin seminggu dua kali. Dulu aku pake cuka apel. Gak begitu ngaruh sih. Tapi kalau mau coba dipersilahkan.biar wajah kalian gak kering2 amat tanpa skincare.
Aku dlu ke kampus bener2 cuma pake lipstik sama sunscreen emina doanggg😭. Kusem? Iya donggg. Tapi gimana aku udah tekad dan pengen sembuh. Bulan pertama setelah stop itu wajah udah kayak gak dirawat dah. Kusem beruntusan di area mulut. Nih ya aku kasih tau kalau kalian makan makan telur besoknya makin parah. Jadi aku makan2 an sehat dulu. Pepaya tiap hari. Emang bagus banget. Terus perbanyak minum air putih karena tubuh kita perlu mengeluarkan racun didalamnya. Ngeri gak tuhh. Kalau minggu ketiga dibulan pertama gak papa sih cheting dikit2 jangan banyak2. Misal makan telur gitu. Inget ya dikitt. 
Bulan ke dua wajah itu udah tenang lebih bersih malah karena yg kita makan sehat. 
Bulan ketiga udah bagus. Nah bulan ketiga ini boleh dipakein skincare ya. Jangan langsung dipakein foundation maimunahhh. Nunggu dulu. Harus sabar. Heran deh sama orang yg gak sabar. Pakein yg ringan2 dluu. Misal wardah white secret. Gausah beli satu paket kalau kendala ekonomi. Pake krim malam sama sabunnya udah baguss. Aku aja gitu. Tapi masker teh hijau tetep jalan ya aku aja meskipun udah sembuh tetap pake. Karena bagus woyyy😭. 
Udah ya itu dulu tips dari aku karena belakangan ini banyak banget buibu yg pengen putih tapi minim edukasi😭. Meskipun kalian udah sembuh jangan langsung makan semua ya lebih baik dalam satu bulan kalian kasih waktu 3 hari makan sayur dan buah. Ini bagus banget karena dermatitis perioral itu bisa kambuh. Awal2 sembuh juga gitu. Tapi sekarang sudah tidak😭. Terharu banget kalau inget kejadian itu akuuuu. Makanya suka heran kalau ada buibu ngebet putih tapi pake krim yg gak jelas. Inget ya produk yg ber bpom belum tentu sehat 👍. Tuh buktinya krim steroid aja ada label bpom nya.
Kesimpulannya yang harus kalian lakukan
1. Perbanyak sayur dan buah
2. Stop krim pemutih selama pemulihan
3. Jangan begadang
4. Olahraga teratur
5. Rutin masker teh hijau dan madu. Teh hijaunya Aku pake merk cap botol. Gambar dibawah ya 

Semangat ya. Kalian kuat kalian pasti bisa♥️



Stevani talita visa https://youtu.be/ra8mbIVC8v0

Puspita Mayangsari
https://youtu.be/zRyDHA8KUJk



Komentar